Mengenal Menteri Lulusan SMP

<!–[if !mso]>st1\:*{behavior:url(#ieooui) } <![endif]–>
SUSI PUDJIASTUTI itulah nama menteri tersebut. Menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan dalam cabinet kerja Jokowi Jk periode 2014-2019. Latar belakangnya yang hanya lulusan SMP menjadi perbincangan tersendiri di dunia maya. Ada yang pro dan kontra. Menjadi hal menarik untuk ditelaah.
Susi Pujiastuti lahir di Pangandaran , 15 Januari 1965. “Saat  SMA Dia sudah gemar membaca buku kelas berat dari filsafat hingga politik dalam bahasa asing” ungkap Dwikorita Karnawati (teman sekolah di SMA 1 Yogjakarta) di kompas.com. mempunyai 3 orang anak dari 3 kali pernikahaannya. Saat kelas dua SMA dia keluar dari sekolahnya  dan menikah, kemudian merintis usaha pengepul ikan di Pangandaran. Dia juga dikenal oleh nelayan sekitarnya sebagai orang yang berani membeli ikan dengan harga tinggi.
Lambat laun usaha ikannya berkembang. Dia membangun pusat pengolahan ikan yang merupakan cikal bakal  PT. Asi Pudjiastuti Marine Product. Dalam perkembangannya perusahaan tersebut mulai kesulitan dalam pengangkutan bahan baku ikan yang didapatkan dari para nelayan dan pendistribusian hasil olahan.  Padahal ikan harus dalam keadaan segar. Untuk itu pada tahun 2004 Susi memutuskan untuk membeli pesawat Cessna Caravan seharga 20 Milyar dengan pinjaman bank. Inilah cikal bakal bisnis pesawat Susi Air  dengan bendera PT. Asi Pudjiastuti Aviation.
Pada saat terjadi tsunami di Aceh pesawat Cessna milik Susi menjadi pesawat pertama yang mendarat di Aceh untuk mengirim bantuan. Dari kejadian tersebut menjadi pemikiran Susi untuk merubah arah bisnis Susi. Disaat bisnis perikanan mulai menurun, Susi menyewakan pesawatnya untuk misi kemanusiaan. Selama beberapa tahun bisnis pesawat Susi makin berkembang dan akhirnya memutuskan untuk menambah armada pesawatnya. Sekarang jumlah pesawatnya mencapai 50 dengan daerah operasi Papua, Balikpapan, Jawa dan Sumatera.
Penghargaan yang di terima Susi Pudjiastuti tergolong banyak diantaranya:
Pelopor wisata dari dinas kebudayaan dan pariwisata Jabar 2004.
Young Entrepreneur of the year dari Ernst and Young Indonesia 2005.
Primaniyarta Award for Best Small & Medium Exporter dari Presiden  RI 2005.
Metrotv award for Economic Inspiring  Woman  2005 dan eagle award  2006 .
Indonesia Berprestasi Award dari Exelcomindo 2009
Sofyan Ilyas Award dari kementrian kelautan dan perikanan 2009
Menteri kelautan dan perikanan 2014-2019
Sumber: id.wikipedia.org & kompas.com diakses 30 Oktober 2014
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s