Sobat Goozir, Suzuki melanjutkan eksistensi dari sepeda motor penggaruk tanah RM-Z250 menuju level performa yang lebih tinggi. Dengan suspensi dan frame yang lebih advance guna meningkatkan handling saat di kendarai. RM-Z250 model 2016 di bekali fitur – fitur baru yang akan membuat pengendaranya terus menggeber hingga limit kemampuannya.
Berikut beberapa fitur baru dari Suzuki RM-Z250.
- Suzuki Holeshot Assist Control (S-HAC)
S-HAC merupakan sebuah mode sistem yang digunakan saat race, yang akan dikendalikan dengan sebuah tombol yang ada di sebelh kiri stang. Ada 3 mode yaitu mode A, Mode B dan Mode dasar. Mode A digunakan saat start dalam kondisi trek licin atau permukaan yang keras sehingga start dapat dilakukan dengan smooth cara mengaktifkannya dengan menekan tombol selama 0,7 detik. Mode B digunakan saat start dalam kondisi traksi yang bagus dan menginginkan start yang agresif cara mengaktifkannya dengan tekan tombol selama 1,8 detik. Mode dasar digunakan jika menginginkan power ya seadanya sja alias standar aja, untuk mengaktifkan mode ini tidak perlu melakukan apa apa.
Mode A dan B akan kemabli ke mode normal jika sudah 6 detik berlalu dari start atau pindah gigi ke gigi 4 atau menutup throttle secara (mana yang lebih dulu terjadi)
- Fork depan KYB PSF2
Desain baru KYB PSF2 dengan Pneumatic Spring di fork depan akan akan memberikan keuntungan lebih yaitu ringan, mudah di setting, meningkat dalam meredam kejut, lebih smooth, dan friksi yang rendah. 2 fork cukup dengan satu lobang udara untuk menyeting keseimbangan udara didalamnya hanya butuh pompa udara tangan (hand pump)
- KYB Rear Shock.
Peredam kejut belakng sudah tersambung ke swingarm tentu ini sangat mumpuni meredam kejutan. Dengan fitur baru top-mounted integral adjuuster system akan memudahkan pengaturan rebaound pada kecepatan tinggi dan rendah serta kekuatan adjuster. Tiggi rendah pegas dapat di setting mudah melalui kerah ulir yang ada
- Refined Engine
Suzuki RM-Z250 dibekali mesin 249cc 4 langkah berpendingin cairan DOHC, injeksi. Mesin terasa halus di mid-range level demikian pula dengan torsinya yang akan selalu terjaga dalam kondisi makximum pada level ini. Power diklaim juga akan terdistribusi dengan lebih smooth dan linear sehingga akan memudahkan pengontrolan.
Itulah fitur baru dari Suzuki RM-Z250 dan berikut adalah spesifikasinya.
ENGINE | ||
Engine | 249cc, 4-stroke, liquid-cooled, single cylinder, DOHC | |
Bore x Stroke | 77.0mm (3.0 in) x 53.6mm (2.1 in) | |
Compression Ratio | 13.75:1 | |
Fuel System | Suzuki Fuel Injection | |
Starter | Primary kick | |
Lubrication | Semi-dry sump | |
DRIVE TRAIN | ||
Transmission | 5-speed constant mesh | |
Final Drive | Chain, DID520DMA4, 114 links | |
CHASSIS | ||
Suspension Front | Inverted telescopic, air spring, oil damped | |
Suspension Rear | Link type, coil spring, oil damped | |
Brakes Front | Disc brake, single rotor | |
Brakes Rear | Disc brake, single rotor | |
Tires Front | 80/100-21 51M, tube type | |
Tires Rear | 110/90-19 62M, tube type | |
Fuel Tank Capacity | 6.5 L (1.7 US gallons) | |
Color | Champion Yellow / Solid Black | |
ELECTRICAL | ||
Ignition | Electronic Ignition (CDI) | |
Headlight | N/A | |
Tail light | N/A | |
DIMENSIONS | ||
Overall Length | 2170 mm (85.4 in) | |
Overall Width | 830 mm (32.7 in) | |
Overall Height | 1270 mm (50.0 in) | |
Wheelbase | 1475 mm (58.1 in) | |
Ground Clearance | 345 mm (13.6 in) | |
Seat Height | 955 mm (37.6 in) | |
Curb Weight | 106.0 kg (234 lbs) |
Semoga berguna…