Yamaha MX King dominasi IRRC, apa yang membuatnya istimewa?

www.goozir.com
Sobat goozir, ajang balap IRRC di sirkuit Balipat di Binuang, Banjarmasin sudah berlangsung hari Minggu 22 November 2015. Dalam ajang tersebut Yamaha MX King mendominasi jalannya race dan menghantarkan R. Fadhil menjadi juara umum 150cc. apa yang membuat Yamaha MX King mendominasi IRRC? Apa istimewanya?

Berbicara soal balap menurut goozir.com ada 3 faktor utama. Yaitu pembalap, motor (mesin), dan tuner. Dari sisi pembalap tentu sudah tidak diragukan lagi. Kalau amatiran ga bakal ikut perlombaan. Dari sisi tuner, jelas tuner berpengalaman akan menjadikan tungangan menjadi lebih baik dan bagus dari tunggangan pembalap lain. nah dari segi mesin inilah jantung utama balapan. Dan ini pula yang menjadi keistimewaan MX King dalam ajang IRRC sehingga berhasil mendominasi ajang IRRC.
Yamaha MX King dituning sehingga berhasil mengkail power sampai 32 tenaga kuda pada rentang kitiran mesin 11.000-12.000. menurut Hawadis selaku tuner, sebagaimana di lansir dari ototrend, 23-11-2015, mereka melakukan riset bertahap, mulai durasi camsaft, porting, mapping pengapian dan lainnya. Jadi mereka tidak serta merta berspekulasi ataupun gambling.
Hawadis menggunakan throttle body dari UMA berdiameter 32mm. Tenaga mesin juga masih dibatasi pada 14.000rpm. Durasi mesin 260O  dengan lift klep 8mm. ECU mengunakan ECU API TECH  yang masih import dari Thailand.
Kalau menurut jokinya sendiri R.Fadhil, Yamaha MX King memiliki sumbu roda yang pendek sehingga lebih mudah keluar masuk tikungan. Dengan pembalap, motor(mesin) dan tuner berhasil menghantarkan Tim Yamaha  Yamalube Nissin Tunggal Jaya  yang dinahkodai Rudy TJM, sukses meraih juara nasional.
Beda tim beda tuner beda pula strategi dan komponen balap yang digunakan walaupun menggunakan motor yang sama. Sandy Agung misalnya, mekanik sekaligus pemilik Yamaha Yamalube  KYT SND FDR menguji coba kekuatam rocker-arm berbahan Duralium berdiameter 25mm. selain itu Sandy Agung juga melakukan riset  maping ECU Vortex  yang pada dasarnya merupakan ECU dari YZF-R25 guna mencari mapping terbaik sehingga hasilnya dapat disesuaikan dengan karakter sirkuit dan masukan dari joki si kuda besi itu sendiri.
Sandy Agung juga menguji coba Throttle body  model barel. Dari semua yang dilakukan sementara ini oleh Sandy Agung, berhasil membuat MX King memilki power 31,5 tenaga kuda pada kitiran mesin 11.700 dan torsi 19Nm pada kitiran mesin 9.400rpm.
Itulah sobat goozir bagaimana para tuner memperlakukan MX King sehingga memperoleh hasil yang diinginkan. Mereka tidak main comot dan pasang part balap pada mesin MX King. Mereka melakukan riset dan uji coba. Dan racikan mesin dari para tuner dikombinasikan masukan para joki maka hasilnya akan tidak sia sia.
Itulah yang membuat MX King istimewa, disamping mesinnya yang memang sudah mendukung untuk di tuning dan hasilnya berhasil mendominsai jalannya ajang Indonesia Road Racing Championship.

Semoga berguna….
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s