Sobat goozir, Yamaha GT125 hadir dengan tampang keren kalau menurut saya pribadi. Tampang keren tapi tak diimbangi dengan ban yang gambot (gambot dikit napa). Akhirnya banyak yang ganti sendiri dengan pelek aftermarket dan ban gambot. Walau jadi tambah berat tapi mesin masih mampu memutarnya. Buktinya motor ane masih bisa jalan saat ane tungangin.
Kebanyakan para penyuka GT125 yang tidak suka atau kurang sreg dengan pelek dan ban yang terlampau ga asyik buat body yang besar kayak GT125 mereka menganti pelek dengan ukuran 2.15” depan dan 2.50 belakang.
Masalah timbul saat ban depan pakai ban 90/80-14. Ban mentok spakbor. Ada yang mencoak spakbor depan dan ada yang menganti spakbor depan dengan spakbor aftermarket.
Salah satu spakbor aftermarket yang menjadi incaran adalah spakbor depan motor Ninja. Banyak yang jual, tinggal beli spakbor dan braket. Katanya demikian saat diskusi di group GT125 di fb. Ada yang bilang ga samapai 100 ribu untuk dapetin tuh spakbor ninin + braket.
Memang dari gambar yang mereka share cukup keren, walaupun memang terkesan ada bagian depan yang terasa kopong. Tapi dengan memakai spakbor ninin maka ban gasruk spakbor hilng dan tampilan nambah keren…
Namun ada beberapa orang yang masih memakai spakbor asli bawaan pabrik dengan mecoak sedikit namun dengan coakan yang rapi. Tidak seperti punya saya yang asal jadi saja.
Semoga artikel ini dapat membantu sobat goozir yang mau mengganti pelek dan ban tapak besar untuk GT125 ataupun Xeon lainnya. (sumber gambar group fb Xeon GT125)
Semoga berguna…