Mengulik informasi tentang Petal Disk Brake

www.goozir.com
Sobat goozir, Petal Disk. Ada yang sudah pernah dengar apa itu petal disk? Ke kepoan say tentang Petal Disk dimulai saat membuat membaca tentang petal disk yang akan di gunakan di Next Satria Fu Fi yang akan mengaspal tahun depan. Dari situ saya angkat dalam sebuah artikel ‘Suzuki Satria F150 Fi dilengkapi ABS versi murah’. Sampai kemarin akhirnya saya mendapat sedikit pencerahan dan kali ini akan saya share untuk sobat goozir tercinta.

Setelah googling buka situs sana sini akhirnya dapat saya rangkum sebagi berikut. Petal Disk pada sistem pengereman pada dasarnya adalah sebuah cakram besi yang bentuknya bergelombang. Berbeda dengan mayoritas cakram rem standar pabrikan yang bulat dan solid dengan sedikit lobang. Dengan bentuk yang bergelombang tersebut menyebabkan bobot Petal Disk menjadi lebih ringan hingga 20% jika di bandingkan dengan cakram rem berukuran sama dari cakram rem standar yang dipakai pada motor keluaran pabrik.
Masih banyak pro dan kontra mengenai manfaat Petal Disk. Paling tidak ada 2 pendapat mengenai Petal Disk ini.
www.goozir.com
cakram rem biasa
Pendapat pertama mengatakan bahwa Petal Disk tidak ada manfaat dominan dibanding cakram  rem standar yang bulat dan solid. Manfaat satu satunya hanyalah sebagai fashion belaka. Pendapat ini didasari pada bentuk Petal Disk yang bergelombang  sehingga kontak antara cakram dan kampas rem semakin sempit. Padahal penegereman membutuhkan kontak  yang luas untuk memperoleh pengereman yang maksimal. Dengan berkurangnya bobot hingga 20% itu berarti luas permukaan juga berkurang sebesar 20%. Tentu ini akan mengurangi tingkat kepakeman pengereman.
Alasan lainnya adalah Petal Disk membuat boros kampas rem. Hal ini terjadi karena permukaan Petal  Disk tersebut yang bergelombang. Jadi setiap kali Petal Disk berputar maka akan menggerus permukaan kampas rem lebih sering (basa jawane “petal disk kuwe akeh lingire dadi lingire terus ngeruk kampas rem”) berbeda dengan cakram rem biasa yang bulat dan solid, kampas rem lebih awet.
Jadi pendapat pertama Petal Disk tak lebih hanya sebagai penunjang penampilan belaka.
Pendapat kedua, Petal Disk memebuat kinerja pengereman lebih baik dan meningkatkan performa motor. Nah loh bingung toh. Ojo bingung sit… mari kita telusuri.
Menurut pendapat kedua pengereman Dengan Petal Disk menjadi lebih baik karena pada dasarnya kinerja pengereman terbaik terjadi pada saat pertama kali kita menekan tuas rem. Nah bersamaan dengan itu kampas rem akan menjepit cakram rem. Dengan bentuk yang bergelombang maka efek tersebut dapat terjadi beru ulang ulang. Inilah yang menyebabkan kenapa Petal Disk lebih baik dari dari cakram rem biasa. mungkin efek inilah yang mirip dengan sistem kerja rem ABS.
Terus kenapa performa motor lebih baik ? hal ini disebabkan karena bobot dari Petal Disk yang lebih ringan di banding dengan cakram rem biasa. Selain itu jika memakai cakram rem biasa akan terjadi gesekan terus menerus antara cakram dengan kampas rem walaupun hanya sedikit sekali. Namun walaupun sedikit sekali banget jika terjadi terus menerus akan menyebabkan cakaram rem panas. Kalau sudah panas maka performa penegereman menjadi berkurang.
Itulah sekilas tentang Petal Disk yang sudah membuat saya pensaran dan sekarang sedikit terobati. Memang belum ada fakta empiris yang bisa menjadi sumber data secara ilmiah.
Semoga bermanpangat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s